Fakta Mengenai RAM Laptop Wajib Diketahui

Di dalam sebuah komputer, terdiri berbagai hal yang membuatnya menjadi bisa digunakan. Salah satu bagian penting yang harus ada di dalam komputer adalah RAM atau Random Access Memory.

Bahkan pentingnya RAM menjadikannya sebagai tolak ukur sebelum memilih komputer atau laptop baru untuk dapat bermain slot online. Tetapi apa saja sih fakta mengenai RAM yang jarang diketahui orang awam? Berikut beberapa di antaranya.

1.Perannya Sangat Vital

RAM merupakan tempat penyimpanan data sementara pada perangkat, di sini data akan disimpan sementara dari suatu aplikasi atau program yang sedang berjalan.

Program yang digunakan ini memberikan informasi ke RAM, lalu diteruskan ke CPU agar bisa diproses. Tujuan dari RAM ini adalah untuk bisa mempercepat kinerja dari komputer. Jadi semakin besar RAM yang ada di komputer, maka semakin baik juga kinerja dari komputer atau laptop tersebut.

2. Ada Banyak Jenis RAM

Di pasaran sudah banyak jenis RAM yang bisa kita beli, seperti DDR generasi satu hingga generasi empat.

DDR gen satu merupakan memori yang digunakan sekitar tahun 2000 hingga 2005-an. Ukurannya rata-rata berkisar di 256 MB hingga 512 MB perkepingnya.

Lalu ada DDR gen kedua, di masa mulai di gunakan sejak tahun 2005 hingga 2008, dan satu kepingnya memiliki ukuran 1-2 GB.

Sedangkan saat generasi ketiga, mulai muncul prosesor Intel Core I Series dan juga processor AMD APU dan FX. Ini merupakan yang kala itu paling sering digunakan. Ukurannya meningkat, jadi 2-8 GB perkepingnya.

DDR generasi empat mulai digunakan saat 2014 lalu dengan frekuensi kecepatan yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

3. Mitos Seputar RAM

RAM memang merupakan salah satu faktor yang membuat kinerja dari komputer atau laptop menjadi lebih cepat, tapi bukan berarti kalau melakukan upgrade RAM, laptop atau komputer menjadi lebih cepat.

Ada banyak faktor lain yang bisa membuat suatu komputer bisa lebih cepat atau pun lebih lamban. Tapi jika kamu meningkatkan RAM, memang ada peningkatan performa yang terasa, tetapi tidak secara drastis.

4. Ciri-Ciri RAM Rusak

RAM bisa mengalami kerusakan dan ada beberapa ciri yang bisa dikenali dari masalah ini. Salah satunya adalah kinerja dari komputer yang menjadi lebih lambat, lalu laptop sering melakukan restart, hingga laptop mengalami bluescreen.

Komputer pun akan memberikan pesan mengenai kerusakan dari RAM, seperti “Memory could not be written” atau “Memory could not be read”.

5. Semakin Tinggi Memorinya, Semakin Mahal Harganya

Terdapat banyak jenis RAM yang bisa kita temukan di pasaran, harga yang ditawarkan juga tentunya bermacam-maca. Ada RAM yang hanya berkisar sekitar 200 ribu rupiah, ada juga yang seharga 1.6 jutaan rupiah.

Semakin tinggi kapasitas yang ditawarkan, maka akan semakin mahal juga.

Nah, itulah sedikit fakta mengenai RAM. Apakah ada fakta lain yang mungkin kamu ketahui?