Apakah Perlu Untuk Menutup Kamera Laptop?

Saat ini semakin banyak kejahatan cyber seiring dengan perkembangan zaman. Tentunya kamu harus bisa lebih berhati-hati saat ini terhadap akun judi online, karena kamu pun bisa menjadi korban tanpa disadari.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengamankan kamera laptop. Tapi apakah ini tindakan yang memang diperlukan atau malah berlebihan? Yuk, kita bahas!

Perlukah Menutup Kamera Laptop?

Apakah kamu sering menggunakan laptop untuk berselancar di internet? Seperti bermain game, membuka sosial media, atau pun sekedar membaca berita harian. Tapi tahukah kamu ternyata ini bisa membuat laptop kita terancam di bajak, loh.

Para pelaku kejahatan bisa melakukan aksi mereka bahkan hanya dengan memanfaatkan celah kecil. Mereka bisa mengakses data pribadi kamu yang terdapat di dalam laptop secara diam-diam.

Selain itu, kamu perlu curiga kalau sampai lampu indikator yang ada di laptop kamu menyala. Ini bisa jadi tanda kalau pelaku tengah diam-diam merekam kamu.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah hal ini adalah dengan menutup akses kamera laptop. Bisa dengan menggunakan stiker atau pun kertas. Tetapi ada juga laptop yang kini sudah menyediakan penutup untuk kamera, jadi kamu bisa lebih mudah untuk membuka atau pun menutupnya.

Bahkan menutup kamera laptop sudah disarankan oleh Direktur FBI, James Comey, loh. Ia mengatakan hal ini pada konferensi yang diadakan di Center for Strategic and International Studies.

Saat itu ia berkata, kalau kita mengunjungi semua kantor pemerintahan, mereka akan menutup kamera kecil yang terdapat di bagian atas laptop ini.

Bahkan Mark Zuckerberg yang merupakan pendiri dari Facebook juga menutup kamera laptopnya. Ini terlihat dari salah satu foto Mark pada akunnya.

Ini membuktikan kalau memang kejahatan Cyber dengan menggunakan kamera laptop memang nyata adanya. Kita pun perlu waspada terhadap hal ini.

Seorang Miss Teen USA 2013, Cassidy Wolf pun pernah menjadi korban dari peretasan melalui kamera web miliknya. Ia mendapatkan perlakuan yang kurang mengenakkan ini dari teman lelaki di sekolahnya.

Saat itu kamera webnya dibajak dan pelaku mendapatkan foto-foto dari Cassidy Wolf tanpa izin. Cassidy Wolf bahkan baru mengetahui hal itu saat memeriksa di sosial media dan melihat foto-foto dirinya bertebaran di Internet.

Bukan hanya itu saja, Cassidy bahkan sampai mendapatkan ancaman dan dimintai uang oleh pelaku. Tetapi ternyata setelah diselidiki lebih lanjut, ternyata Cassidy merupakan salah satu korban dari 12 orang yang mengalami hal ini dari pelaku yang sama.

Pelaku itu pun dijatuhi hukuman selama 1,5 tahun karena perbuatannya tersebut.

Jadi satu langkah kecil dengan menutup kamera laptop bisa membantu kamu untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti ini! Jaga privasi kamu dan pintar-pintarlah mengambil sikap.