Atasi Laptop Lemot Windows 10 dengan Cara Ini!

Saat ini hampir semua laptop yang ada mengunakan sistem operasi Windows 10, karena penggunaan sistem operasi ini lebih nyaman untuk digunakan. Tetapi sayangnya, banyak pengguna yang mengeluhkan lambannya laptop mereka setelah menggunakan Windows 10.

Ini sebenarnya bukan benar-benar kesalahan dari sistem operasi karena banyak faktor yang bisa menyebabkan sebuah laptop lemot. Sebut saja seperti laptop sudah terlalu tua, atau di dalam laptop ada virus yang mengganggu kinerjanya.

Nah, kali ini kami akan memberikan solusi kepada kamu bagaimana cara untuk mengatasi laptop yang lemot!

1.Hapus Program yang Tidak Penting

Langkah pertama adalah kamu harus menghapus program yang kamu anggap tidak penting. Biasanya aplikasi ini kamu download lalu lupakan, atau aplikasi yang tidak sengaja terdownload saat pemakaian. Terlalu banyak program aplikasi ini bisa memuat laptop menjadi lebih lambat.

Sebabnya, lakukan penguninstallan pada saat aplikasi sudah tidak lagi digunakan. Ini bisa membantu laptop untuk bisa kembali normal. Sebaiknya gunakan penyimpanan laptop untuk penggunaan yang penting, sehingga bisa membuat kamu lebih nyaman menggunakannya.

2.Hapus File di Folder Rutin

Terkadang ada file di dalam folder yang tersimpan, namun sudah tidak kita perlukan lagi. Misalnya, file hasil ekstrak dari penggunaan aplikasi editing. Karena terbiasa, pengguna akan melupakan adanya file tersebut dan membuatnya menumpuk di folder.

Ini ternyata bisa membuat laptop menjadi lebih lamban karena memori penyimpanan yang penuh. Jadi hapuslah file yang sudah tidak kamu gunakan lagi dari folder.

3. Bersihkan File di Folder Prefetch

Hapuskan file yang ada id folder Prefertch secara rutin, karena ini bisa menjadi salah satu cara dalam mengatasi masalah laptop lamban. Untuk menghapusnya, ada cara mudah yang bisa kamu lakukan, yakni:

  • Klik Windows + R
  • Setelah itu ketik “prefetch” lalu enter
  • Kalau ada ijin administrator, maka klik OK
  • Hapus semua file yang terdapat di sana, ini membantu laptop agar lebih cepat.

4. Mematikan Aplikasi yang Terdapat di Startup Windows

Biasanya ada aplikasi yang saat kita menyalakan laptop ia akan langsung muncul tanpa kita berniat membukanya. Ini bisa membuat laptop menjadi lebi lamban, loh. Sebaiknya matikan startup tersebut, karena ini bisa mengganggu aktivitas.

5.Matikan Visual Effect yang Tidak Diperlukan

Terakhir adalah kamu bisa mematikan viual effect yang tidak kamu perlukan. Di Windows 10 sendiri terdapat banyak visual effect. Berikut ini adalah langkah untuk mematikan visual effect tersebut.

  • Buka menu windows explorer.
  • Klik kanan pada menu this PC kemudian pilih properties.
  • Pilih Advanced system settings dan pada bagian performance, anda bisa pilih setting.
  • Ubah pilihan menjadi custom.
  • Pilih visual effect yang anda ingin gunakan.
  • Pastikan memilih yang tidak membuat laptop anda berat dan lemot

Itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat laptop menjadi tidak lamban.